Tata Cara

Prosedur Penyampaian Pengaduan

Masukan Anda sangat berharga. Sampaikan pengaduan Anda kepada kami karena kami bertekad untuk selalu memberikan yang terbaik untuk Anda.


1. Bagaimana cara untuk menyampaikan pengaduan?


    Sampaikan pengaduan Anda melalui :

2. Apa yang harus saya siapkan saat menyampaikan pengaduan?

    Melampirkan dokumen/data sebagai berikut:

  • Mengisi Formulir Keluhan Konsumen (disiapkan di kantor cabang)
  • Identitas diri (KTP/Paspor)
  • Data/Dokumen pendukung lainnya

3. Apa yang HFI lakukan saat saya menyampaikan pengaduan?

  • Menerima pengaduan yang Anda sampaikan
  • Menyampaikan nomor pengaduan sebagai referensi Anda
  • Memberikan solusi atas kesulitan yang Anda alami
  • Memberikan informasi perpanjangan waktu apabila penanganan pengaduan Anda membutuhkan waktu lebih dari 20 hari kerja
  • Menyampaikan informasi bahwa pengaduan Anda telah terselesaikan

4. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak puas dengan hasil akhir yang diberikan oleh HFI?

    Sesuai dengan peraturan OJK, Anda dapat menyampaikan ketidakpuasan Anda kepada OJK untuk dilakukan fasilitasi, melalui :
    1. Surat tertulis kepada :
        Anggota Dewan Komisioner OJK dan Perlindungan Konsumen
        Menara Radius Prawiro Lantai 2 Komplek Perkantoran Bank Indonesia
        Jl. M.H. Thamrin No.2 Jakarta
   2. Layanan OJK di nomor telpon : 157
   3. Email ke : konsumen@ojk.go.id
   4. Online di : sikapiuangmu.ojk.go.id


Penyelesaian pengaduan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan

Apabila penyelesaian pengaduan yang diberikan oleh HFI tidak memenuhi harapan Debitur, sesuai ketentuan OJK, Debitur juga dapat melanjutkan proses penyelesaian pengaduan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK)

Alamat: Wisma Mulia 2 Lt. 16, Jl. Gatot Subroto No.42, Jakarta Selatan 12710
Telepon: 021-29600292
e-mail: lapssjk@gmail.com