FAQ Pengajuan Awal Aplikasi Pembiayaan

Tahap Persetujuan SLIK


1. Apa itu SLIK?

Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK sendiri merupakan sistem informasi yang pengelolaannya dibawah tanggung jawab OJK yang bertujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, yang salah satunya berupa penyediaan informasi debitur (iDeb).

SLIK memperluas cakupan iDeb yaitu melingkupi lembaga keuangan bank dan lembaga pembiayaan (finance) dan juga ke lembaga keuangan non-bank yang mempunyai akses data debitur dan kewajiban melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID). Selain itu, SLIK juga dipakai untuk melaporkan, fasilitas penyediaan dana, data agunan, dan data terkait lainnya dari berbagai jenis lembaga keuangan, masyarakat, Lembaga Pengelolaan Informasi Perkreditan (LPIP) dan pihak lainnya.

Dengan terintegrasinya SLIK, calon debitur diharapkan untuk menjadi lebih mudah dalam proses pengajuan pinjaman.

Referensi : https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10422

2. Apa yang dimaksud dengan Persetujuan SLIK?

Dalam mengisi formulir Pengajuan Awal Aplikasi Pembiayaan ini anda diminta untuk memberikan data dengan akurat, benar, terbaru dan sesuai kapasitas anda dalam bertindak mewakili pihak yang mengajukan fasilitas pembiayaan (Calon Debitur).

Dengan mencentang kolom yang tersedia dan menekan tombol “Berikutnya” atau “Selanjutnya”, anda dianggap telah memahami syarat dan ketentuan serta memberikan persetujuan kepada PT Hino Finance Indonesia untuk memeriksa data dan dokumen yang anda berikan dan anda unggah termasuk dan tidak terbatas kepada pemeriksaan melalui SLIK.