Berita & Event

RINGKASAN INFORMASI PRODUK DAN LAYANAN PT HINO FINANCE INDONESIA


RINGKASAN INFORMASI PRODUK DAN LAYANAN PT HINO FINANCE INDONESIA ATAS FASILITAS SEWA PEMBIAYAAN (FINANCE LEASE)

 

I. INFORMASI PRODUK

PT Hino Finance Indonesia (“HFI”) menjalankan kegiatan pembiayaan berupa Sewa Pembiayaan (Finance Lease). Sewa Pembiayaan (Finance Lease) dilakukan dalam rangka penyediaan barang, yang dalam hal ini berupa kendaraan bermerk HINO oleh HFI untuk digunakan oleh Konsumen (Debitur/Lessee) dimana tujuan utama penggunaan tersebut adalah untuk menunjang kegiatan usaha dari Konsumen (produktif) dan berlangsung selama jangka waktu tertentu serta mengalihkan secara substansial manfaat dan resiko barang yang dibiayai.

Dalam hal perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease) masih berlangsung, maka kepemilikan atas kendaraan sebagai objek transaksi Sewa Pembiayaan (Finance Lease) tetap berada pada HFI.

 

II. INFORMASI LAYANAN

HFI memberikan kemudahan dengan menyediakan layanan-layanan yang dapat dimanfaatkan oleh Konsumen (Debitur/Lessee) sebagai berikut:

  1. Pertanggungan asuransi atas barang yang difasilitasi Sewa Pembiayaan dimana HFI bekerja sama dengan perusahaan asuransi PT Asuransi Central Asia (ACA) dan PT Asuransi Sinarmas (Simas);

  2. Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan menerbitkan surat referensi untuk proses perpanjangan ke kepolisian setempat;

 

III. PERSETUJUAN PEMBERIAN DATA DAN INFORMASI

Konsumen (Debitur/Lessee) baik dalam Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease) maupun dokumen lain yang dibuat secara terpisah dengan ini menyatakan persetujuannya dan memberikan kuasa kepada HFI untuk memberikan dan/atau menyampaikan data pribadi Konsumen kepada pihak lain dimana HFI memiliki kerjasama atau memiliki hubungan baik bersifat komersil maupun bersifat non-komersil.

 

IV. PENGALIHAN PIUTANG

Konsumen setuju dan dengan ini memberikan kuasa kepada HFI jika suatu saat diperlukan untuk mengalihkan piutang berikut hak, kekuasaan, dan jaminan yang timbul berdasarkan Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease Agreement) kepada pihak lain dimana HFI memiliki kerjasama termasuk namun tidak terbatas kepada kerjasama dalam bentuk channeling, pembiayaan bersama maupun kerjasama lain. Atas hal tersebut Konsumen memahami bahwa pengalihan piutang tersebut mengakibatkan Konsumen tercatat sebagai Konsumen pihak yang menerima pengalihan piutang.

 

V. RESIKO

1.) Sebagai sebuah fasilitas pembiayaan dalam bentuk Sewa Pembiayaan (Finance Lease) maka Konsumen memiliki resiko yang mungkin timbul, namun demikian resiko tersebut hanya akan terjadi apabila Konsumen melanggar satu atau lebih kewajibannya berdasarkan Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease Agreement) yang telah ditandatangani. Adapun resiko yang akan timbul antara lain:

  • HFI dapat dengan segera dan seketika mengakhiri Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease Agreement) sehingga Konsumen tidak lagi dapat menikmati layanan yang diberikan berdasarkan Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease Agreement) yang telah ditandatangani;
  • Konsumen wajib dengan segera dan seketika membayar denda dan biaya lain yang timbul berdasarkan catatan dan perhitungan HFI yang dapat dipertanggunjawabkan;
  • Konsumen wajib mengembalikan Barang (objek sewa pembiayaan) atau dalam hal Konsumen (Debitur/Lessee) tidak mengembalikan Barang maka HFI dapat mengambil kembali Barang dari penguasaan Konsumen sesuai ketentuan yang berlaku.

2.) Konsumen akan terhindar dari resiko yang mungkin timbul apabila Konsumen senantiasa mentaati seluruh kewajibannya dalam Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease) terutama dalam hal sebagai berikut:

  • Membayar angsuran sewa pembiayaan dengan tertib dan tepat waktu;
  • Tanpa persetujuan tertulis dari HFI tidak mempertahankan atau Konsumen melakukan perubahan besar pada pertanggungan asuransi yang berpotensi merugikan HFI atau Konsumen menyewakan, mengalihkan, dan menjaminkan Barang kepada pihak lain.

 

VI. LAYANAN PENYELESAIAN KELUHAN ATAU PENGADUAN KONSUMEN

Konsumen (Debitur/Lessee) dapat senantiasa menyampaikan pertanyaan, saran, keluhan atau pengaduan dengan menghubungi HFI baik melalui email ke alamat: customer-care@hinofinance.co.id atau melalui telepon ke nomor (021) 21281600 pada hari dan jam kerja yaitu Senin – Jumat mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Setiap keluhan atau pengaduan hanya dapat dilayani apabila Konsumen (Debitur/Lessee) menyampaikan data/bukti pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan.

Ringkasan informasi Produk dan Layanan ini merupakan sebuah pengantar yang bertujuan memberikan pemahaman kepada Konsumen sebelum menandatangani Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease Agreement) karenanya merupakan Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease Agreement). Namun demikian apabila terdapat perbedaan isi, maksud dan pemahaman antara Ringkasan dengan Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease Agreement) maka ketentuan yang berlaku dan mengikat adalah sebagaimana tertera dalam Perjanjian Sewa Pembiayaan (Finance Lease Agreement)

 



Berita dan Event Terbaru

HFI hadir di Surabaya

Sekarang , HFI hadir di kota Surabaya.

Untuk meningkatkan pelayanan kami kepada pelanggan dan dealer, HFI kini telah membuka kantor perwakilannya di Surabaya pada bulan Januari 2016.

baca selengkapnya
CSR Activity

PT Hino Finance Indonesia (HFI) bersama dengan PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI) melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) pada hari Jumat, 11 Desember 2015 di SMA Negeri 61, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

baca selengkapnya
Personil cabang Jakarta

Personil cabang Jakarta

baca selengkapnya

back to top