RINGKASAN INFORMASI PRODUK DAN LAYANAN PT HINO FINANCE INDONESIA UNTUK FASILITAS FINANCE LEASE

INFORMASI PRODUK

PT Hino Finance Indonesia adalah sebuah perseroan terbatas yang kegiatan usahanya adalah menyalurkan pembiayaan terutama melalui fasilitas Sewa Pembiayaan (Finance Lease) dan Jual dan Sewa Balik (Sale and Leaseback).  Sewa Pembiayaan dua fasilitas tersebut dilakukan dalam rangka penyediaan barang yang dalam hal ini berupa kendaraan dengan merk HINO untuk digunakan oleh konsumen. Adapun tujuan utama    penggunaan kendaraan adalah untuk menunjang kegiatan usaha dari konsumen (produktif) serta berlangsung selama jangka waktu tertentu yang mengalihkan secara substansial manfaat dan resiko atas barang yang dibiayai.

Dalam hal perjanjian Sewa Pembiayaan masih berlangsung maka kepemilikan atas kendaraan sebagai objek fasilitas Sewa Pembiayaan tetap berada pada HFI selaku perusahaan pembiayaan.


INFORMASI LAYANAN

Selain produk tersebut diatas HFI juga menyediakan beberapa layanan yang dapat dimanfaatkan oleh Konsumen sebagai berikut :

CARA MENDAPATKAN FASILITAS SEWA PEMBIAYAAN

HFI Senantiasa Mengupayakan kemudahan bagi Konsumen dalam mendapatkan fasilitas Sewa Pembiayaan. HFI memiliki syarat dan ketentuan yang cukup sederhana untuk memungkinkan Konsumen dalam mendapatkan fasilitas Sewa Pembiayaan dengan sebagaimana mestinya. Konsumen cukup menyediakan dokumen pendukung sebagaimana disyaratkan oleh HFI dan menandatangani Surat Penawaran Fasilitas Sewa Pembiayaan.      HFI memberikan kesempatan kepada Konsumen untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan lebih lanjut terhadap seluruh ketentuan dalam Surat Penawaran Fasilitas Sewa Pembiayaan sebelum ditandatangani. Selanjutnya pihak HFI akan melakukan survey yang juga merupakan rangkaian dari proses persetujuan fasilitas Sewa Pembiayaan sehingga Konsumen dianggap telah memenuhi syarat dan penilaian yang ditentukan oleh HFI.


PERSETUJUAN PEMBERIAN DATA & INFORMASI

HFI tidak akan menggunakan data Konsumen untuk hal-hal yang melanggar ketentuan hukum dan perundang-undangan karenanya Konsumen dapat memberikan pernyataan dan persetujuan atas penggunaan data milik Konsumen tersebut agar HFI dapat menggunakan, memberikan, menyampaikan data Konsumen kepada pihak lain dimana HFI memiliki kerjasama atau memiliki hubungan yang bersifat baik komersil maupun non-kormersil.


PENGALIHAN PIUTANG

Konsumen setuju dan dengan ini memberikan kuasa kepada HFI jika suatu saat dilakukan pengalihan piutang berikut hak, kekuasaan, dan jaminan yang timbul berdasarkan Perjanjian Sewa Pembiayaan kepada pihak lain dimana HFI memiliki kerjasama namun tidak terbatas kepada kerjasama dalam bentuk channeling, pembiayaan bersama maupun kerjasama lain. Atas hal tersebut Konsumen memahami bahwa pengalihan piutang tersebut mengakibatkan Konsumen tercatat sebagai Konsumen pihak yang menerima pengalihan piutang


RESIKO

BIAYA    

Sebagai suatu fasilitas Sewa Pembiayaan maka akan timbul biaya-biaya terkait penyaluran fasilitas Sewa Pembiayaan. Adapun biaya-biaya tersebut antara lain dapat berupa biaya administrasi, biaya provisi, biaya notaris dan biaya penarikan dan/atau penagihan (jika diperlukan).




LAYANAN PENYELESAIAN KELUHAN ATAU PENGADUAN KONSUMEN

Konsumen dapat senantiasa menyampaikan pertanyaan, saran, keluhan atau pengaduan dengan menghubungi HFI melalui media sebagai berikut.

Setiap Keluhan atau pengaduan hanya dapat dilayani apabila Konsumen menyampaikan data/bukti pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan

Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini merupakan sebuah pengantar yang bertujuan memberikan pemahaman kepada konsumen sebelum menandatangani Perjanjian Sewa Pembiayaan karenanya Ringkasan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Perjanjian Sewa Pembiayaan. Namun Demikian apabila terdapat perbedaan isi, maksud dan pemahaman antara Ringkasan dengan Perjanjian Sewa Pembiayaan maka ketentuan yang berlaku dan mengikat adalah sebagaimana tertera dalam Perjanjian Sewa Pembiayaan.

Selanjutnya, Perjanjian Sewa Pembiayaan akan senantiasa disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan termasuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan

Related Berita dan Artikel

[CSR ACITIVITY] - MEMPERKOKOH PENDIDIKAN: REVITALISASI GEDUNG MTS JAUHAROTUN CAWANG

26 Februari 2024

Jakarta, 26 Februari 2024 – Sebagai bagian dari komitmen PT Hino Finance Indonesia (Perseroan) untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, Perseroan terlibat aktif dalam Corporate Social Responsibility (CSR) melalui revitalisasi gedung Madrasah Tsanawiyah (MTs) Jauharotun yang berada di area lingkungan kantor pusat Perseroan.

Jaga Data Diri: Bijak Bermedia Sosial untuk Lindungi Reputasi dan Masa Depan

25 Desember 2023

Melalui kampanye "Jaga Data Diri", HFI mengajak kita semua untuk menjadi bagian dari solusi. Mari bijak dalam bermedia sosial, lindungi reputasi, dan masa depan kita. #JagaData #APPI #LSPPI #HinoFinanceIndonesia

[CSR ACTIVITY] – PEDULI PENDIDIKAN TERHADAP TENAGA KESEHATAN, PT HINO FINANCE INDONESIA BERIKAN PROGRAM BEASISWA DAN LITERASI KEUANGAN

20 Oktober 2023

Jakarta, 20 Oktober 2023 – PT Hino Finance Indonesia (Perseroan) menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa sebagai bentuk kepedulian Perseroan pada bidang pendidikan khususnya terhadap tenaga kesehatan. Hal ini merupakan komitmen Perseroan dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu Pendidikan Berkualitas.

Hino Finance Indonesia Menyapa Pelanggan saat Hari pelanggan Nasional

26 September 2023

Jakarta, 26 September 2023 - Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional tahun 2023, PT Hino Finance Indonesia (”Perseroan”) terus meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan dengan melakukan berbagai rangkaian kegiatan menarik di bulan September dengan mengusung tema “Dear Customer, I HEART You” sebagai wujud terimakasih kepada pelanggan setia Perseroan.

PT Hino Finance Indonesia Berizin & Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan